28 April 2020

Perbandingan

Definisi
Perbandingan adalah membandingkan antara dua besaran sejenis. Misalnya muatan A = 4 ton dan muatan B = 12 ton, maka ada 2 cara untuk membandingkannya, yaitu:
a. Muatan B lebih berat 8 ton dari muatan A atau muatan A lebih ringan 8 ton dari muatan. Untuk membandingkan berat muatan keduanya dapat dihitung dari selisih berat muatan A dan muatan B yaitu 12 – 4 = 8 ton.
b. Berat muatan B 3 kali lipat dari berat muatan A. Untuk membandingkannya dengan membagi berat muatan B dengan muatan A yaitu 12 : 4 = 3 : 1

Bentuk Bentuk Perbandingan
a. Perbandingan Senilai
Dua besaran x dan y mempunyai perbandingan senilai  jika perubahan besaran x mengakibatkan perubahan besaran y dengan kelipatan yang sama.

Contoh 1:
Bahan bakar 1 liter untuk 40 km. Berapa liter bahan bakar yang diutuhkan apabila untuk menenmpuh jarak 128 km?
Jawab:

Contoh 2:
Bahan bakar sebanyak 30 liter dapat digunakan untuk perjalanan selama 1 jam. Jika pada putaran mesin yang sama, berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan jika sebuah kapal berlayar selama 7 jam?
Jawab:


b. Perbandingan Berbalik Nilai
Dua besaran x dan y dikatakan mempunyai perbandingan berbalik nilai  jika berubah sebesar kali menyebabkan y berubah sebesar "satu per n" kali semula.
Contoh:
Sebuah kapal berlayar sejauh 60 mil dalam waktu 6 jam. Jika kecepatan ditambahkan sebesar 2 knot, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak yang sama?

2 comments: